7 Maret 2012

Dari Sandal ke Sepatu Berjas Hujan

Wirausaha adalah topik yang sedang gencar dibahas di tahun 2012 ini. Bukan hanya karena prospek dan hasil yang menjanjikan oleh suatu usaha ketika kesuksesan menghampiri, namun pada perkembangannya wirausaha sudah mulai digalakkan sejak dini. Seperti halnya yang dilakukan oleh Universitas Ma Chung, Malang dalam menjaring dan menstimulasi berbagai ide bisnis yang mungkin saja muncul di benak pelajar SMA, lomba BIC MAC merupakan salah satunya.
Lomba Business Plan ini mendapat respon positif dari pelajar-pelajar SMA se-Jawa Timur, terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang turut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Setelah melalui babak penyisihan sebelumnya, keenam belas tim yang ditanyakan masuk dalam babak presentasi diundang ke Gedung Bhakti Persada, Universitas Ma Chung, Malang pada Sabtu (18/02). Peserta digilir dalam dua stage perlombaan yakni presentasi dan rally game.
SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) berhasil meloloskan dua tim dalam kompetisi ini. Tim pertama yang digawangi Fajar Kusumaningayu dan kawan-kawan membuat produk “Bolpoin serbaguna”, sedangkan tim kedua yang digawangi Nurul Inayah dan kawan-kawan membuat “Rain Coat Shoes”.
“Kita pengen buat revolusi alas kaki, dari sandal jepit ke sepatu berjas hujan agar tidak mudah basah.”, ungkap Luthfi Irawan, anggota tim SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) 2.
Dari enam belas tim yang maju ke babak presentasi, delapan diantaranya dapat meneruskan perlombaan di partai perempat final. Di partai ini, terdapat empat pasang tim yang masing-masing akan berdebat mengenai isu lobal seputar ekonomi dan bisnis. Masing-masing tim yang lolos akan maju ke babak selanjutnya, sampai tersisa dua tim yang berhak beradu di babak final. Tim SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) dan SMAN 2 Kediri yang berhasil berlaga sampai babak grand final.
Perasingan ketat dan sengit mengisi atmosfer ruangan perlombaan. Permasalahan yang didiskusikan pun masih terfokus pada perdagangan bebas serta laju tumbuh perekonomian. Babak yang berlangsung sekitar 20 menit ini pun berakhir dengan apik.
Selang beberapa menit, panitia lomba mengumumkan bahwa tim SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy) 2 berhasil menyabet juara pertama sedangkan SMAN 2 Kediri harus puas duduk di posisi runner-up. “Alhamdulillah, seneng banget. Nggak percuma kita ngelembur sampai jam 3 pagi selama tiga hari berturut-turut.”, tutur Nurul Inayah, salah satu anggota jawara tim SMAN 10 Malang (Sampoerna Academy). (VIT)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons